Jenis Bisnis Minim Risiko

By: @Ciputraway

Semua orang selalu ingin mendapatkan untung besar dari usaha yang mereka dirikan. Akan tetapi mereka sering lupa bahwa keuntungan yang besar hampir selalu didahului dengan pengambilan risiko yang besar pula. Dilema inilah yang selalu berkecamuk dalam pikiran orang-orang yang hendak merintis usaha.

“Apakah ada ide bisnis yang risikonya paling minim dibandingkan yang lain tetapi bisa menawarkan prospek pendapatan yang tidak kurang menggiurkan?” Jawabannya, “Ada.” Bisnis apakah itu? Bisnis ini ialah bisnis jasa/ layanan. Biasanya bisnis jasa membutuhkan investasi yang lebih sedikit daripada jenis bisnis lainnya. Bisnis ritel, grosir, dan menufaktur ialah jenis-jenis bisnis yang membutuhkan dana investasi dalam jumlah masif. Maklumlah, bisnis tersebut memerlukan banyak investasi gabungan antara lain, bahan mentah, barang-barang jadi, barang diterima, sewa ruangan, dan beberapa kebutuhan lainnya.

Jenis bisnis jasa lebih berpeluang untuk mendapat persaingan dan perlakuan keras dari perusahaan berskala nasional atau internasional yang lebih kuat dan mapan. Namun, batas keuntungan (profit margin) yang didapatkan sangat tinggi, bahkan jika disertai dengan angka penjualan yang relatif kecil.

Dengan mendirikan bisnis jasa, Anda akan meminimalkan risiko. Anda juga menekan risiko untuk mengalami kebangkrutan akibat jumlah utang yang terlalu besar. Akan tetapi juga harus disadari sekali lagi, dengan bisnis jenis ini kesempatan Anda untuk kaya raya juga lebih tipis. (*/Akhlis)

Ditulis dengan WordPress untuk Blackberry

%d blogger menyukai ini: