8 Keunggulan Kaum Entrepreneur

Sebagai faktor utama penggerak perekonomian, kaum entrepreneur memiliki banyak keunggulan dibandingkan kelompok atau kaum lainnya. Berikut keunggulan kaum entrepreneur.

Pertama, kaum entrepreneur selalu lebih awal melihat berbagai peluang usaha. Bahkan kaum entrepreneur dapat melihat suatu peluang yang tidak dianggap peluang oleh kebanyakan masyarakat. Peluang usaha inilah yang kemudian diambil, dikemas, direncanakan, dan dipetakan prospeknya sehingga menguntungkan. Contoh, peluang usaha kebutuhan pokok kaum ekspatriat di sekitar Kemang yang dilihat Bob Sadino puluhan tahun lalu.juga usaha mengemas air minum, yang awalnyatidak dilihat sebagai peluang bisnis. Tapi ketika ada inovasi kemasan, maka air minum bisa diciptakan sebagai peluangbaru dalam bisnis. Penciptaan peluang usaha ini merupakan kepeloporan wirausahawan, yang biasanya ditiru oleh pengikut bisnis lainnya. Namun pengikut – pengikut tersebut sudah ketinggalan beberapa langkah dibandingkan pelopornya.

Kedua, kaum entrepreneur biasanya adalah kelompok kecil yang gemar mengambil risiko. Namun itu tidak berarti bahwa kaum entrepreneur bertindak sembarangan. Ciri sebagai pengambil risiko merupakan indikasi akan kepeloporan tindakan, yang diperhitungkan dengan prospek keuntungan.

Ketiga, kaum entrepreneur mempunyai cirri pandangan dan pemikiran yang visioner. Pandangannya jauh ke depan untuk melihat apa yang bias diciptakan sebagai bisnis. Masyarakat selalu berkembang dan berubah sehingga terjadi pula perubahan selera konsumen. Perubahan yang akan terjadi ke depan ditangkap sebagai peluang dalam bisnis sehingga kaum entrepreneur melihat lebih awal dibandingkan orang lain.

Keempat, kaum entrepreneur memiliki cirri inovatif, yakni menemukan hal – hal baru, yang menarik bagi masyarakat konsumen. Bahkan peranannya yang utama adalah mengisi kesenjangan – kesenjangan yang ada di dalam masyarakat (gap filler). Kesenjangan sumber daya yang tidak tersedia di dalam masyarakat diramu oleh kaum entrepreneur dengan mendatangkan atau menggabungkan sumberdaya dari luar dan sumberdaya setempat.

Kelima, kaum entrepreneur adalah pemimpin, yang melaksanakan kepemimpinan bisnis untuk memperluas kegiatan ekonomi dan usaha masyarakat, baik dalam bidang industry maupun jasa. Sifat kepemimpinan para entrepreneur terjadi karena visinya melangkah lebih maju dibandingkan rata – rata anggota masyarakat pada umumnya.

Keenam, kaum entrepreneur selain kreatif dan inovatif juga menjadi pemikir yang bebas. Dengan kebebasan entrepreneur memikirkan apa saja dan melakukan lompatan pemikiran, yang kompleks. Karena itu, apa yang tidak mungkin pada saat ini bias diubah menjadi suatu hal yang mungkin. Kreativitas dari hasil pemikirannya itu kemudian bias menjadi kegiatan ekonomi dan peluang usaha lebih luas lagi.

Ketujuh, kaum entrepreneur adalah pekerja keras karena seluruh hidup dan kreativitasnya ditumpahkan pada bidangnya. Wirausahawan selalu mencintai pekerjaannya. Ini menjadi teladan bagi pengikut atau pekerja yang berada di bawah asuhannya.

Kedelapan, kaum entrepreneur selalu menempati posisi teratas dalam kasta ekonomi. Ada 3 kasta dalam bidang ekonomi; kaum kaya, menengah, dan miskin. Kaum kaya adalah yang teratas dari yang lainnya yang di isi oleh kaum entrepreneur kebanyakannya. Sehingga secara financial kehidupan kaum entrepreneur sangatlah berkecukupan. Sesuatu yang selalu didambakan dan diinginkan oleh setiap orang.

%d blogger menyukai ini: